Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPR Setujui Tambahan Kuota BBM Bersubsidi, Asal...

Kompas.com - 03/12/2012, 17:59 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhirnya Komisi VII DPR menyetujui permintaan pemerintah untuk menambah jatah kuota BBM Bersubsidi tahun 2012 sebesar 1,23 juta KL. Namun persetujuan DPR itu dengan tambahan catatan keras.

"Komisi VII DPR menyetujui penambahan kuota BBM Bersubsidi untuk 2012 sebesar 1,23 juta KL dengan rincian 500 ribu KL untuk premium/biopremium dan 730 ribu KL untuk solar/biosolar," kata Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon saat Rapat Kerja dengan Menteri ESDM, Pertamina dan BPH Migas di Jakarta, Senin (3/12/2012).

Menurut Effendi, ada tiga catatan keras dari Komisi VII atas sikap persetujuan permintaan penambahan kuota BBM Bersubsidi tersebut. Catatan tersebut yaitu:

1. Meminta pemerintah untuk mengaudit terhadap pengadaan dan penyaluran BBM Bersubsdi tahun 2012 oleh BPK seperti hasil kesimpulan rapat kerja 17 September 2012

2. Meminta pemerintah untuk meningkatkan pengawasan terhadap pendistribusian BBM Bersubsidi

3. Meminta pemerintah untuk menerapkan Sistem Monitoring dan Pengendalian BBM Bersubsidi secara online sampai ke SPBU pada PT Pertamina Persero yang dapat diakses secara realtime sehingga menjamin asas accountable dan good governance di seluruh wilayah Indonesia.

Rapat tentang penambahan kuota BBM Bersubsidi ini dihadiri oleh 39 anggota Komisi VII DPR. Sementara dari sisi pemerintah turut hadir Menteri ESDM Jero Wacik, Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan, Kepala BPH Migas Andy Noorsaman Sommeng serta Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya.

Rapat ini dimulai pukul 13.00 WIB, kemudian diperpanjang tiga kali pada pukul 14.00 WIB, pukul 15.00 WIB, pukul 15.45 WIB. Namun rapat kerja ini akhirnya selesai pada pukul 16.34 WIB

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com