Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Pangkas Suku Bunga ke Level Terendah 50 Tahun

Kompas.com - 04/12/2012, 13:43 WIB

SIDNEY, KOMPAS.com - Bank sentral Australia atawa Reserve Bank  of Australia (RBA) memangkas suku bunga acuan ke titik terendah dalam 50 tahun terakhir. Pemangkasan suku bunga ini untuk menangkal angka pengangguran dan penguatan mata uang Australia.

RBA memangkas suku bunga acuan dari 3,25 persen menjadi 3 persen. Ini merupakan pengurangan suku bunga yang keenam kalinya dalam 14 bulan terakhir. Suku bunga acuan ini merupakan yang terendah sejak 1960.

Gubernur RBA Glenn Stevens mengatakan, nilai tukar uang Australia masih lebih tinggi dari perkiraan sehingga mengurangi nilai ekspor dan prospek ekonomi global yang melemah. Pemotongan bunga ini mencerminkan Australia sedang menghadapi tekanan pembayaran upah, proyeksi belanja tambang yang rendah dan tingkat pengangguran yang tinggi.

"Ke depannya, pasar tenaga kerja mulai mereda dan tingkat pengangguran mulai merayap lebih tinggi, kondisi pekerja mulai menekan upah, " kata Stevens.

Hingga pukul 2.45 waktu setempat, nilai tukar dollar Australia menguat ke level 1,0448 terhadap dollar. (Edy Can/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com