Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II Hijaukan Pelabuhan

Kompas.com - 19/12/2012, 13:14 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC bersama Persatuan Istri Pelabuhan Indonesia II (PIP) hari ini, Rabu (19/12/2012), menggelar Program Penghijauan dan Kebersihan Lingkungan Pelabuhan.

Penghijauan dan kebersihan lingkungan pelabuhan merupakan upaya IPC dalam menerapkan konsep pelabuhan hijau. Pelabuhan sejak lama tidak hanya menjadi tempat proses bongkar muat barang.

"Para pengguna jasa, bahkan kini anak-anak muda yang tertarik dengan pelabuhan, harus juga dilayani, dibuat senyaman mungkin saat mereka berada di pelabuhan," kata General Manager Cabang Tanjung Priok Cipto Pramono.

Pada awalnya, IPC merencanakan untuk memulai penerapan standar eco-green port pada Terminal New Priok di Kalibaru yang akan beroperasi pada 2014. Namun, perusahaan kemudian memutuskan percepatan penerapan standar eco-green port di semua cabang pelabuhan sejak tahun lalu, dimulai dari Tanjung Priok.

Konsep eco-green port sendiri pada dasarnya adalah upaya melindungi lingkungan dan komunitas sekitar dari dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh operasional pelabuhan. Eco-green port menempatkan pelabuhan sebagai penggerak utama kampanye dan pemenuhan standar perlindungan lingkungan.

Pelabuhan juga dituntut untuk menggunakan teknologi terkini guna menghindari atau mengurangi dampak negatif dari operasional pelabuhan. Serta yang terakhir, pengembangan potensi masyarakat sekitar secara berkelanjutan harus menjadi fokus utama pelabuhan yang menerapkan eco-green port.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com