Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjagaan BI Diharapkan Tenangkan Rupiah

Kompas.com - 26/12/2012, 10:33 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rupiah masih akan tertekan menjelang akhir tahun ini. Penjagaan Bank Indonesia atas fluktuasi rupiah diharapkan dapat meredakan tekanan dollar AS pada mata uang Garuda. Pada akhir perdagangan pekan lalu, Jumat (21/12/2012), rupiah ditutup menguat di level Rp 9.657 per dollar AS dari saat dibuka di level Rp 9.670 per dollar AS.

Berdasarkan pengamatan data di Reuters oleh tim riset BNI Treasury, rupiah bergerak di kisaran Rp 9.630-9.685 per dollar AS. Indeks Harga Saham Gabungan yang terpuruk di bawah level 4.300 memberi efek negatif pergerakan rupiah. Tingginya permintaan akan dollar AS itu mendorong BI menambah pasokan dollar sehingga mengurangi tekanan pada rupiah.

Pada perdagangan Rabu (26/12/2012) ini, rupiah diperkirakan bergerak dengan kecenderungan melemah. Non Delivery Forward 1 bulan di pasar offshore pagi ini rupiah dibuka turun ke level Rp 9.822-9.837 per dollar AS sehingga mengindikasikan adanya potensi depresiasi rupiah lebih lanjut di pasar onshore.

Tingginya kebutuhan dollar AS menjelang akhir tahun berpotensi memicu pelemahan rupiah lebih lanjut hari ini. Pengawasan BI atas fluktuasi rupiah, khususnya menjelang akhir tahun, diharapkan mampu meredakan tekanan dollar AS. Hal ini sekaligus mendorong stabilitas nilai tukar rupiah untuk berada tetap dalam koridor yang diinginkan bank sentral.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com