Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Prima Indosat Saat Natal 2012

Kompas.com - 26/12/2012, 16:58 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaringan Indosat berhasil melayani pelanggan dengan baik selama Natal, 25 Desember 2012, meski terjadi kenaikan trafik untuk layanan suara, data dan SMS. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kesiapan jaringan Indosat untuk mengantisipasi kenaikan trafik selama masa-masa perayaan tersebut.

"Kami bersyukur dapat melewati masa-masa kenaikan trafik dengan baik selama perayaan Natal. Indosat berkomitmen untuk selalu menghadirkan kualitas layanan terbaik bagi kenyamanan berkomunikasi pelanggan dimana pun dan kapan pun, termasuk saat mereka beraktifitas pada momen tertentu seperti perayaan Natal dan liburan Tahun Baru," kata Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat, Rabu (26/12/2012) dalam siaran persnya.

Kenaikan trafik mulai terjadi dari H-2 Natal yaitu tanggal 23 Desember 2012 hingga pada Hari Natal 25 Desember 2012. Khusus untuk hari H Natal tanggal 25 Desember 2012, trafik suara Indosat secara nasional meningkat menjadi 428,46 juta menit atau naik 11,24 persen dibanding hari biasa.

Trafik SMS di hari H Natal meningkat menjadi 897,46 juta SMS, atau naik 12, 80 persen dibandingkan trafik SMS hari biasa. Sedangkan trafik data di hari H meningkat menjadi 55,63 TeraByte/day, atau naik 21,71 persen dibanding trafik hari biasa.

Sementara itu, dari keseluruhan kenaikan trafik menjelang dan selama hari H Natal, kenaikan trafik suara tertinggi terjadi pada hari H Natal, yaitu naik 11,24 persen. Kenaikan trafik layanan SMS tertinggi juga terjadi pada hari H Natal sebesar 12,80 persen dan kenaikan trafik data tertinggi terjadi pada hari H-2 naik 59,94 persen.

Sebelumnya, Indosat telah melakukan peningkatan kapasitas jaringannya secara nasional, dimana kapasitas trafik suara disiapkan sebesar 924 juta menit/hari atau meningkat sekitar 140 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Untuk SMS,  kapasitas disediakan sebesar 1,4 miliar SMS/hari atau meningkat sekitar 76 persen dibanding trafik reguler hari biasa. Sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte/hari, atau meningkat 162 persen dibanding trafik regular hari biasa.

Kesiapan jaringan Indosat juga didukung pemantauan stabilitas dan kualitas jaringannya secara nasional melalui fasilitas Single Network Operation Center (SNOC) yang berada di Serpong, Tangerang, Banten.

SNOC menjadi pusat pemantauan jaringan terintegrasi untuk seluruh layanan Indosat baik seluler, SLI dan jaringan transmisi. Setiap kemungkinan gangguan jaringan dan sinyal yang terjadi seluruh di wilayah Indonesia akan terpantau dengan cermat dari SNOC untuk selanjutnya dieskalasi dan diselesaikan dengan cepat sehingga pelanggan tidak terganggu dalam menggunakan layanan Indosat.

Sementara khusus tanggal 24-25 Desember 2012 saat perayaan Natal 2012 dan tanggal 31 Desember 2012 - 1 Januari 2013, pemantauan jaringan lebih intensif dilakukan dari Command Centre yang berfungsi sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com