Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prospek Pariwisata 2013 Masih Cerah

Kompas.com - 26/12/2012, 17:28 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski ekonomi dunia diprediksi masih akan melambat di tahun 2013, namun prospek bisnis pariwisata diperkirakan masih akan cerah. Indonesia mematok target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 9 juta orang. Pariwisata menjadi sektor penting bagi ekonomi nasional ditengah ketidakpastian ekonomi dunia.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di Jakarta, Rabu (26/12/2012), target 9 juta wisman adalah target optimistis, sementara target pesimisnya 8,5 juta orang. "Kami yakin bisa mencapainya, karena faktanya sepanjang tahun ini pertumbuhan pariwisata cukup menggembirakan. Apalagi tahun depan kita banyak acara seperti pertemuan APEC dan konfrensi tingkat menteri WTO," paparnya.

Sumbangan devisa pariwisata sepanjang tahun ini mencapai 9,07 miliar dollar AS atau naik 6,03 persen dibandingkan tahun 2011. Kontribusi pariwisata bagi produk domestik bruto juga terus naik. Hingga Oktober, wisman sudah mencapai 6,58 juta orang atau naik 5 persen dibanding kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Tahun ini tingkat pengeluaran wisman mencapai 1.133,8 miliar dollar AS per orang per kunjungan. Jumlah tersebut naik 1,39 persen dibandingkan tahun 2011. Namun untuk lama tinggal mengalami penurunan 1,79 persen dari 7,84 hari menjadi 7,7 hari. "Penurunan itu lebih disebabkan karena arus wisman didominasi dari kawasan Asia, sehingga lama tinggal berkurang," paparnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com