Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Masih Berjibaku dengan Fiscal Cliff

Kompas.com - 31/12/2012, 11:05 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com -  Penentu kebijakan AS memasuki akhir pekan terakhir di 2012 dengan menggelar pertemuan untuk membahas negosiasi anggaran.

Pertemuan tersebut ditujukan untuk mencegah kenaikan pajak  dengan nilai 600 miliar dollar AS dan pemangkasan anggaran belanja negara yang berlaku otomatis pada Januari 2013 atau yang lazim dikenal dengan fiscal cliff.

Pimpinan Senat Mayoritas Harry Reid dan Pimpinan Senat Minoritas Mitch McConnell bilang, mereka berupaya keras untuk mencapai kesepakatan pada Senin (31/12/2012) waktu setempat. Adapun fokus kesepakatannya adalah mempersempit isu perbedaan yang ada ketimbang merubah daftar pajak dan anggaran belanja yang ada.

"Saat ini sudah mendekati detik-detik terakhir pengambilan keputusan. Warga Amerika tidak memiliki kesabaran bagi kebijakan yang menguntungkan pihak tertentu dan dapat memukul perekonomian kita," jelas Presiden AS Barack Obama di Gedung Putih.

Obama sendiri optimistis, akan mencapai kesepakatan meski sebelumnya mengeluh aksi Kongres yang menunggu deadline untuk mengambil keputusan. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com