Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Airways Berharap pada Etihad

Kompas.com - 03/01/2013, 22:02 WIB
Haryo Damardono

Penulis

MUMBAI, KOMPAS.com -- Maskapai India, Jet Airways, saat ini sedang bernegosiasi dengan maskapai Etihad Airways dalam upaya menarik investasi dari maskapai yang berbasis di Abu Dhabi tersebut. Jet Airways kini memang mengharapkan adanya dana segar dari Timur Tengah.

"Diskusi (diantara kami) telah menunjukkan kemajuan, meski belum ada keputusan yang ditetapkan," demikian pernyataan resmi dari Jet Airways, sebagaimana dikutip AFP, Kamis (3/1/2013). Pernyataan itu, diberikan kepada Bursa Efek Bombay.

Koran The Business Standard melaporkan pada hari Kamis ini, bahwa Etihad kemungkinan mengakuisisi 24 persen saham senilai 270-320 juta dollar AS.

Beberapa maskapai India yang merugi, kini memang dalam pembicaraan dengan sejumlah maskapai asing. Terutama, setelah tahun lalu, pemerintah India membuka keran investasi asing di sektor penerbangan.

Meski demikian, bila tercapai kesepakatan antara Jet Airways dan Etihad maka hal itu merupakan sinyal buruk bagi maskapai Kingfisher Airlines. Apalagi pada hari Selasa (1/1/2013), Kingfisher Airlines telah kehilangan izin terbang, setelah gagal memenuhi sejumlah persyaratan sebuah maskapai di India. Maskapai ini tidak beroperasi sejak Oktober 2012, sejak aksi mogok karyawan yang gajinya tidak lagi dibayar perusahaan.

Kisah Kingfisher merupakan kisah terburuk dari sebuah maskapai di India. Industri penerbangan di India, pada tahun lalu memang diwarnai oleh tingginya harga avtur, perang tarif, dan minimnya dukungan infrastruktur bandara.

Bila awalnya Kingfisher dikenal sebagai maskapai kedua terbesar di India, maka penetrasi pasarnya melorot menjadi hanya 3,5 persen, penetrasi terendah di India, sebelum akhirnya benar-benar tak beroperasi.

Sebaliknya, pada Minggu (2/12/2012), Garuda Indonesia mengumumkan kerja sama codeshare agreement dengan Etihad Airways. Dengan itu, Garuda memperluas jaringan penerbangan internasionalnya ke enam destinasi di Eropa dan Timur Tengah yang dilayani Etihad, yakni London, Paris, Manchester, Moskow, Athena, dan Muscat. Penerbangan ke enam kota itu, dilayani melalui bandara hub Abu Dhabi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com