Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Izinkan Wijaya Karya dan PT Garam Bangun Pabrik Beton

Kompas.com - 08/01/2013, 11:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan mengizinkan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dan PT Garam Indonesia bekerja sama dalam membangun pabrik beton. Hal itu untuk meningkatkan sinergi antar-perusahaan BUMN.

"WIKA akan memanfaatkan lahan di Gresik seluas 280 hektar milik PT Garam untuk digunakan jadi pabrik beton dan industri listrik," kata Dahlan selepas rapat pimpinan di kantor Wijaya Karya, Cawang, Jakarta, Selasa (8/1/2013).

Menurut Dahlan, selama ini lokasi pabrik beton milik WIKA di seluruh Indonesia sudah penuh dan tidak bisa dikembangkan lagi. Apalagi, pabriknya di Pasuruan, Jawa Timur, hanya memiliki luas 10 hektar. Padahal, kebutuhan beton di Tanah Air ini terus meningkat seiring dengan pesatnya industri konstruksi di Tanah Air.

"Nanti WIKA bisa sekalian membangun pelabuhan di sekitar Gresik daripada harus mengangkut beton ke pelabuhan lain, (Tanjung Perak), kan jauh," katanya.

Menurut Dahlan, keinginan menyatukan kerja sama operasi antara WIKA dan PT Garam ini karena PT Garam dinilai tidak produktif memanfaatkan lahannya. Di lahan tadi, PT Garam juga tidak bisa memproduksi garam secara besar. Terkait mekanismenya, Dahlan akan menyerahkan sepenuhnya kepada dua perusahaan tadi.

"Terserah saja, itu, kan, cuma menyediakan lahan. Kalau mau ada bagi hasil, ya, terserah," katanya.

Saat ini, kapasitas produksi beton milik WIKA di Jawa Timur sebanyak 200.000 ton per tahun. Dengan pabrik baru, produksi ini akan ditingkatkan menjadi dua kali lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com