Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Bisa Manfaatkan Iklim Buruk Investasi

Kompas.com - 10/01/2013, 11:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Belum pulihnya kondisi ekonomi global membuat sejumlah pihak menilai bahwa tahun 2013 bukan tahun yang menarik untuk investasi. Meski demikian, Indonesia dapat mengambil keuntungan dari kondisi tersebut.

Direktur Utama Danareksa Persero Edgar Ekaputra menilai bahwa tahun 2013 tidak ada kendala berarti sehingga masih layak untuk berinvestasi di segala sisi. Melihat perkembangan perekonomian global, Eropa juga belum pulih dari krisis. Begitu juga dengan Amerika Serikat yang mulai menggeliat sedikit karena penyelesaian jurang fiskal. Di Asia, kondisi perekonomian China tetap tumbuh walau tidak setinggi pertumbuhan pada tahun lalu. Begitu juga dengan India.

Dilihat dari sisi makro, Indonesia masih mengalami kondisi yang baik, seperti inflasi, suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate), aktivitas perekonomian meningkat, investasi asing terus masuk hingga ada dana asing 6,3 miliar dollar AS, dan produktivitas meningkat.

"Karena tidak ada sentimen negatif, maka it is time for Indonesia untuk berinvestasi," kata Edgar saat acara Danareksa Outlook 2013: Its Time For Indonesia, di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Menurut Edgar, kondisi itu dipengaruhi fundamen Indonesia yang masih positif, khususnya dalam Indeks Harga Saham Gabungan. Begitu juga kepemilikan asing di portofolio obligasi masih meningkat. Dengan kondisi ini, potensi investor untuk mengambil untung masih terbuka lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com