Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo II dan ITS Tingkatkan Kualitas Manajemen Pelabuhan

Kompas.com - 14/01/2013, 13:10 WIB
Haryo Damardono

Penulis

   

 

 

SURABAYA, KOMPAS.com- Untuk meningkatkan pelayanan manajemen kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)  mengadakan kerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dalam program pendidikan, penelitian, pelatihan bidang perencanaan dan manajemen operasional kepelabuhanan dan logistik, material handling equipment , perkapalan, rekayasa pantai, serta pengimplementasian program corporate social responsibility (CSR).

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman terkait hal tersebut antara IPC dan ITS, Senin (14/1/2013) di Gedung Rektorat ITS, Surabaya.

"Pelindo II berkomitmen untuk selalu memfasilitasi para karyawan mengembangkan ilmu yang sesuai dengan standar layanan kepelabuhanan internasional," ujar Direktur Utama Pelindo II ,  Richard Joost Lino, dalam surat elektroniknya.

Kerja sama antara Pelindo II IPC dan ITS terdiri dari dua program, yakni kerja sama dalam bidang pendidikan serta pengabdian terhadap masyarakat. Kerja sama dalam bidang pendidikan dijalankan melalui program pelatihan dari ITS kepada para pegawai Pelindo II, seperti dalam bidang manajemen pelabuhan, operasi material handling pelabuhan, operasi, survei, perawatan kapal port-tug, serta rekayasa pantai.

Sebagai timbal balik, Pelindo II  akan mengakomodasi program praktik kerja mahasiswa ITS di pelabuhan-pelabuhan yang berada di bawah otoritas Pelindo II. Dalam bidang pengabdian masyarakat, kerja sama yang dilakukan adalah penyediaan tenaga ahli dan peralatan laboratorium oleh ITS yang akan digunakan untuk penelitian dalam rangka implementasi CSR Pelindo II.

ITS sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, diharapkan berperan sebagai back stop bagi kegiatan penelitian dan kajian akademis yang dapat mendukung kinerja operasional Pelindi II. Penelitian dan kajian akademis tentu akan semakin mendukung Pelindo dalam mewujudkan pelayanan pelabuhan yang mampu mengakomodasi kebutuhan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Kerja sama antara Pelindo II  dan ITS akan dilangsungkan selama dua tahun, mulai dari tahun 2013 hingga 2015.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com