Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Masih Rahasiakan Skema Pembiayaan MRT

Kompas.com - 15/01/2013, 16:29 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa masih merahasiakan skema pembiayaan mass rapid transport (MRT) dalam rapat sore ini. Namun, pihaknya sudah mengantongi skema pembiayaan yang akan langsung dikirim ke Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

"Angka pembiayaannya nanti saja. Cuma, memang ada perubahan," kata Hatta saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Menurut Hatta, skema pembiayaan MRT dari kacamata pemerintah masih menganut sistem 42:58, yaitu 42 persen dana hibah untuk pemerintah pusat dan 58 persen berupa pinjaman lunak ke Pemerintah DKI selama 40 tahun. Sementara permintaan dari Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo semula menginginkan ada porsi pembiayaan 30:70. Namun, Jokowi mulai melunak dengan perubahan porsi menjadi 40:60.

Dari rapat yang baru saja berlangsung, Hatta masih mempertimbangkan skema pembiayaan 40:60. "Itu menjadi pertimbangan dan tim sudah merekomendasikan agar kami merespons. Tim sudah menyampaikan, kita akan melakukan perubahan," tambahnya.

Sore ini, Hatta akan menandatangani skema pembiayaan final dan besok hasilnya akan dikirim ke Jokowi. "Jadi, jangan saya menyampaikan angka sebelum menandatangani dan disampaikan ke Gubernur. Jangan sampai Gubernur tahu dari media, sebelum dia membaca dulu," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com