Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLTGU Muara Karang Terendam Banjir

Kompas.com - 18/01/2013, 18:59 WIB
Evy Rachmawati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com-   Luapan air dari banjir besar di Jakarta menyebabkan sebagian area Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Karang terendam air.

Pembangkit listrik di bagian utara Jakarta tersebut tidak bisa beroperasi optimal. Padahal pembangkit itu merupakan salah satu pembangkit utama yang memasok kebutuhan listrik untuk sebagian wilayah Jakarta.  

"Hal ini menyebabkan pasokan listrik ke Jakarta berkurang dan beberapa area terpaksa dipadamkan" kata Direktur Operasi Jawa Bali PLN Ngurah Adnyana, dalam keterangan pers, Jumat (18/1/2013), di Jakarta.  

Daerah yang terkena dampak pemadaman akibat tergenangnya PLTGU Muarakarang adalah daerah yang disuplai gardu induk (GI) Budi Kemuliaan dan GI Kebon Sirih. Beberapa unit PLTGU saat ini masih bisa beroperasi dengan total daya mampu sekitar 680 Mega Watt (MW). 

Adnyana menyatakan, bagi warga masyarakat yang daerahnya tergenang banjir dimohon agar segera mematikan listrik dengan cara menurunkan posisi mini circuit breaker (MCB) atau sekering di meteran listrik.

"Pastikan posisi sekering tersebut dalam posisi off. Matikan juga semua peralatan listrik dengan mencabut kabel dari stop kontak," ujarnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com