Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Tekstil di Brasil Bakal Tumbuh 2 Persen

Kompas.com - 22/01/2013, 09:08 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

SAO PAULO, KOMPAS.com — Industri garmen dan tekstil di Brasil diproyesikan bakal tumbuh sekitar 2 persen pada tahun ini. Proyeksi tersebut berdasarkan asumsi perkiraan produk domestik bruto yang baru saja dirilis pemerintah setempat.

Presiden Asosiasi Garmen dan Tekstil Brasil Aguinaldo Diniz Filho, seperti dikutif AFP, Selasa (22/1/2013), mengatakan, kinerja industri garmen dan tekstil tahun ini harus lebih baik dibandingkan tahun 2012. Tahun lalu, pada periode Januari-November, produksi tekstil turun 4,6 persen, sementara garmen turun 10,5 persen.

Dia mengatakan, saat ini terdapat sekitar 30.000 perusahaan tekstil dan garmen, yang tersebar di wilayah Brasil. Total produksi pakaian mencapai 9,5 juta per tahun.

Penurunan pertumbuhan produksi sepanjang tahun lalu terjadi karena meningkatnya arus pakaian impor dari kawasan Asia dan China.

Untuk memacu produksi di dalam negeri agar semakin kompetitif, Brasil harus mengurangi hambatan kredit, menurunkan biaya tenaga kerja, dan meningkatkan infrastruktur.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com