Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Gangguan Distribusi Disiapkan

Kompas.com - 22/01/2013, 16:02 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan bersama sejumlah asosiasi bisnis menyiapkan antisipasi gangguan distribusi. Mereka menyiapkan pusat distribusi dan pasar murah di tiap daerah, untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok jika gangguan distribusi terjadi.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, Selasa (22/1/2013) mengatakan pihaknya tengah berkoordinasi dengan asosiasi bisnis, kementerian perhubungan, dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.

Menurut info BKMG, cuaca ekstrem masih akan berlangsung hingga minggu ke-3 bulan Februari. "Curah hujan masih tinggi serta gelombang air laut masih akan berada di atas dua meter Karenanya antisipasi gangguan distribusi harus disiapkan," katanya.

Dia mengatakan Kementerian Perdagangan dan asosiasi akan menerapkan komunikasi hotline, sehingga pasokan di tiap daerah terpantau.

"Kami akan mendayagunakan pusat distribusi, yang dimiliki asosiasi untuk penyimpanan stok, nantinya akan diprioritaskan pada stok bahan pokok. Pusat distribusi tersebut menjangkau wilayah dengan jarak tempuh 6-12 jam. Gudang tersebut mampu menyimpan stok untuk satu bulan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com