Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potensi Klaim Banjir Bisa Mencapai Rp 3 Triliun

Kompas.com - 22/01/2013, 18:48 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) memperkirakan potensi klaim asuransi banjir pada tahun ini bisa mencapai Rp 3 triliun. Ketua AAUI Kornelius Simanjuntak menjelaskan, potensi klaim asuransi banjir pada kendaraan bermotor maupun banjir di tahun ini akan lebih besar dibanding klaim di tahun 2002 dan 2007.

"Klaim pasti belum bisa dipastikan. Tapi melihat kondisi yang ada, kami perkirakan bisa mencapai Rp 3 triliun," kata Kornelius, saat konferensi pers di Permata Kuningan Building, Jakarta, Selasa (22/1/2013).

Menurut Kornelius, angka tersebut meningkat hampir 50 persen jika dibandingkan klaim tahun 2007 sebesar Rp 2,1 triliun. Untuk klaim kendaraan bermotor sendiri diperkirakan mencapai Rp 50 miliar (sudah termasuk dalam Rp 3 triliun tersebut). Proyeksi klaim tersebut sebenarnya bisa lebih tinggi lagi. Sebab, banjir masih menggenangi beberapa lokasi di Jakarta. Apalagi, lokasi yang terkena dampak banjir ini juga semakin luas dan nilai obyek yang ditanggung juga semakin meningkat. Namun, Kornelius mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan klaim dari masing-masing perusahaan asuransi umum tersebut.

"Kami mengimbau kepada seluruh perusahaan asuransi untuk memberikan toleransi batas waktu pelaporan klaim akibat banjir tersebut," tambahnya.

Sesuai dengan persyaratan tenggat waktu pelaporan yang diatur dalam polis, AAUI memang mensyaratkan klaim hanya ditanggung maksimal 5-7 hari setelah kerugian terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com