Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salip Penjualan Apple, Laba Samsung Meroket

Kompas.com - 25/01/2013, 09:38 WIB
Didik Purwanto

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com — Samsung Electronics kembali mencatatkan kenaikan laba bersih di kuartal IV-2012. Hal itu didorong oleh kenaikan penjualan ponsel yang melebihi penjualan ponsel Apple.

Seperti dikutip dari Bloomberg, laba bersih kuartal IV-2012 Samsung Electronics naik 76 persen. Nilai ini lebih dari yang diperkirakan. Kenaikan laba ini dibantu oleh penjualan ponsel pintar tapi murah dari Samsung ke pasar China, yang sebenarnya juga disebabkan ketidakmampuan konsumen China untuk membeli iPhone Apple yang lebih mahal.

Laba bersih Samsung Electronics naik menjadi 7,04 triliun won (6,6 miliar dollar AS) dibanding 4 triliun won di tahun sebelumnya. Nilai tersebut juga dinilai lebih tinggi dibandingkan prediksi konsesi 31 analis yang memperkirakan laba bersih Samsung Electronics hanya sebesar 6,8 triliun won.

Sementara penjualannya sendiri mencapai 56 triliun won. Kenaikan laba Samsung Electronics ini banyak ditopang oleh penjualan ponselnya yang merupakan divisi terbesar di Samsung Electronics. Di seluruh dunia, ponsel seri Galaxy mengontribusikan laba operasional sebesar 5,44 triliun won.

Di sisi lain, pertumbuhan laba Apple justru paling melambat sejak 2003 lalu. Hal ini disebabkan pertumbuhan pasar yang tipis pada penjualan iPhone. "Kenaikan laba Samsung akan terus berlangsung. Sementara jarak penjualan dengan Apple akan semakin jauh," kata analis NH Investment and Securities berbasis di Seoul, Lee Sun Tae.

Berdasarkan riset Morgan Stanley, di periode kuartal I-2013, Samsung Electronics diperkirakan akan mampu menjual 59,7 juta ponsel pintar. Di kuartal IV-2013, penjualannya bisa mencapai 63 juta ponsel pintar. Sementara Apple sendiri baru mengirimkan 47,8 juta iPhone pada periode tersebut. Sayangnya, Samsung tidak menyediakan data pengiriman ponsel pintarnya di periode yang sama.

Di sisi lain, saham Apple kemarin anjlok paling dalam semenjak empat tahun terakhir. Hal ini dipengaruhi penjualan kuartal IV-2012 yang hanya naik 18 persen, paling lambat dalam 14 kuartal terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com