Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiscal Cliff Dorong Investasi Masuk ke Indonesia

Kompas.com - 28/01/2013, 14:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat ekonomi, Aviliani menyatakan Fiscal Cliff AS akan memberikan nilai positif terhadap iklim investasi di Indonesia. Menurutnya para pemilik modal akan tertarik masuk ke Indonesia.

"Ini momen buat kita menjadi save heaven dari investor, karena di Amerika pajak jadi lebih tinggi," kata Aviliani di Jakarta, Senin (28/1/2013).

Aviliani menuturkan, Indonesia masih menjadi tujuan investor dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Cuma di sektor riil yang masih menjadi kendala dalam kebijakan kita. "Dimana banyak perubahan yang kadang-kadang tidak mengantisipasi investor di sektor riil," kata Aviliani.

Menurutnya, banyak investor yang menanyakan kepastian hukum di Indonesia, akibatnya banyak investor yang masuk ke pasar modal. "Nah ini yang harus dikurangi, tidak hanya di pasar modal tetapi diharapkan di sektor riil dan yang menyerap tenaga kerja," katanya.

Avilian menjelaskan, menurut data BKPM, kenaikan investor terjadi terutama di sektor pertambangan belum pada sektor padat karya. "Insentif fiskal kita belum ada, dan perlu harus dipikirkan, bukan hanya di ppn tetapi mulai beralih pajak penjualan. Sehingga nantinya ke depan kita punya daya kompetitif yang lebih bagus lagi," kata Aviliani. (Muhammad Zulfikar)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com