Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Impor Gula Mentah Tak Mencukupi

Kompas.com - 29/01/2013, 16:55 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemerintah memutuskan kuota impor gula mentah tahun ini sebesar 2.265.000 ton. Jumlah tersebut lebih rendah dari tahun 2012, yakni 2,35 juta ton.

Kuota tersebut juga di bawah kebutuhan indutsri makanan dan minuman, yang diproyeksikan mencapai 2,9 juta ton. Pemerintah diminta melakukan evaluasi selama semester I, untuk memastikan kebutuhan industri terpenuhi.

Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia Suryo Alam mengatakan, delapan anggotanya telah menerima daftar kuota impor gula mentah untuk kebutuhan industri makanan dan minuman pada tahun ini.

"Kuota itu tidak mencukupi karena kebutuhan gula rafinasi industri makanan dan minuman mencapai 2,7 juta ton atau setara dengan 2,9 juta ton gula mentah," kata Suryo, Selasa (29/1/2013).

Menurut dia, impor akan dilakukan setiap semester. Pada semester I alokasi impor mencapai 60 persen dari kuota, sementara sisanya dilakukan pada semester II. "Kami minta supaya ada evaluasi pada periode semester I. Jika memang tidak mencukupi maka bisa ditambahkan di semester II," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com