Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom-BRI Jajaki Kantor Bersama

Kompas.com - 04/02/2013, 15:49 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan menjajaki layanan kantor bersama. Upaya ini dilakukan untuk memperbesar bisnis perseroan.

Direktur Enterprise dan Wholesale Telkom Muhammad Awaluddin menjelaskan layanan ini merupakan layanan berbagi kantor, sehingga kedua belah pihak akan bisa menggunakannya secara bersama. Misalnya BRI bisa memanfaatkan kantor Telkom di seluruh daerah untuk memaksimalkan layanan pemberian kredit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sementara Telkom juga bisa memberikan layanan bisnis IT sekaligus memberikan edukasi kepada UMKM untuk bisa berbisnis secara online. "Ini akan kita lakukan mulai Maret mendatang," kata Awaluddin saat konferensi pers di Jakarta, Senin (4/1/2013).

Menurut Awaluddin, cara ini merupakan langkah perseroan untuk meningkatkan layanan Telkom agar bisa dinikmati masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri. Di sisi lain, Telkom juga ingin meningkatkan financial inclusion agar masyarakat bisa mengakses layanan IT maupun perbankan secara bersamaan.

Awaluddin menganggap, ada tiga masalah besar yang dihadapi oleh pengusaha pemula, khususnya UMKM, yaitu akses permodalan, belum melek IT dan kemampuan mengakses pasar agar lebih luas.

"Dengan kerjasama antara Telkom dan BRI, diharapkan kendala itu bisa teratasi," tambahnya.

Hal ini juga akan mengatasi sekitar 51 persen masyarakat pelosok yang belum bisa mengakses ke layanan perbankan. Hingga saat ini, Telkom memiliki mitra binaan sekitar 35.000 pengusaha.

Telkom memberikan binaan melalui dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang memang dialokasikan di masing-masing anak usaha BUMN. Dengan kerjasama berbagi kantor ini, mitra binaan Telkom akan semakin besar dan realisasi pemberian kredit UMKM juga akan semakin besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com