Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Modal Kalbe untuk Bangun Pabrik

Kompas.com - 04/02/2013, 19:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Mayoritas belanja modal (capex) PT Kalbe Farma Tbk pada 2013 akan fokus untuk pembangunan pabrik. Director-Corporate Secretary PT Kalbe Farma Tbk Vidjongtius mengemukakan hal itu saat memaparkan kinerja emiten berkode KLBF ini pada Senin (4/2/2013).

Berangkat dari laporan keuangan 2012 yang belum diaudit serta prediksi 2013, Kalbe, terang Vidjongtius belanja modal akan berada di kisaran hingga 1,5 triliun. Dari jumlah itu, sekitar 30 persennya akan dipakai untuk pembangunan pabrik obat resep. Hal yang sama dengan komposisi 20 persen juga berlaku untuk pembangunan pabrik obat bebas dan minuman kesehatan.

Soal pabrik, lanjut Vidjongtius, pihaknya memang tengah menggarap pabrik obat kanker di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Pembangunan fisik akan selesai pada pertengahan 2013. Sementara, produksi komersial bakal dimulai pada 2014. "Sampai kini investasinya Rp 250 miliar,"katanya.

Saat ini, untuk meningkatkan kinerja produk minuman Milko, terang Vidjongtius, pihaknya tengah mencari tanah untuk pabrik di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Rencananya, pabrik itu akan beroperasi pada 2015 mendatang. "Investasinya mencapaiRp 110 miliar,"demikian Vidjongtius.

Kemudian, seturut prediksi 2013, KLBF membidik pertumbuhan penjualan dan laba bersih sebesar 15 persen hingga 18 persen dengan tingkat margin laba usaha sekitar 16 persen-17 persen. Vidjongtius menerangkan kalau sampai akhir 2012, Kalbe membukukan  penjualan bersih di kisaran Rp 13,63 triliun. Angka ini berarti pertumbuhan sebesar 24,9 persen andai dibandingkan dengan periode 2011 yang tercatat di posisi Rp 10,91 triliun.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com