Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segera Keluarkan Harga Patokan Kedelai

Kompas.com - 14/02/2013, 16:36 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pemerintah didesak untuk segera mengeluarkan harga pembelian pemerintah untuk kedelai. Janji tersebut sudah dilontarkan pertengahan tahun 2012, namun sampai sekarang belum terealisasi.

Padahal, harga pembelian pemerintah (HPP) menjadi jaminan dan stimulus bagi petani untuk memacu produksi kedelai. Ketua Umum Dewan Kedelai Nasional Benny Kusbini, Kamis (14/2/2013) di Jakarta, mengatakan kebijakan HPP kedelai sangat dinantikan petani dan perajin tahu-tempe.

"Kita nggak ngerti kenapa sampai sekarang belum keluar juga. Jika menyangkut kepentingan orang kecil seperti petani dan perajin, gerak pemerintah selalu lamban. Giliran menyangkut kepentingan asing pasti responnya lebih cepat," katanya.

Dia meminta ketegasan pemerintah untuk segera menetapkan HPP kedelai. Pasalnya hal itu penting untuk memacu produksi kedelai di dalam negeri.

"Itu sebenarnya tidak sulit kok, tinggal pemerintahnya mau ngggak untuk serius mendorong swasembada kedelai. Kalau memang ada ganjalan, tolong dijelaskan ke kami ganjalan dimana supaya HPP bisa segera diterapkan," ujarnya.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com