Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Fesyen Tumbuh Pesat

Kompas.com - 14/02/2013, 16:50 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tahun 2013, merupakan tahun kedua penyelenggaraan Indonesia Fashion Week (IFW) dengan mengangkat tema Inspiring Indonesia.

IFW merupakan media informasi bagi para pelaku fesyen untuk memperoleh pengetahuan terhadap pengembangan desain, branding, serta tren mode.

"IFW juga menjadi ajang pertemuan bagi pengembangan kreativitas komunitas fesyen Indonesia untuk meningkatkan jejaring kerja sama dengan desainer lokal maupun internasional," ujar Direktur Jenderal Pengemba ngan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami, pada konferensi pers pembukaan IFW di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (14/2/2013).

Kementerian Perdagangan akan fokus pada bidang pemasaran dan distribusi produk-produk fesyen agar dapat menguasai pasar lokal, regional, dan mancanegara.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pemanfaatan lembaga bisnis (trading house) serta aktivasi kegiatan temu bisnis antara pelaku fesyen siap ekspor dengan buyers dan investor di dalam maupun luar negeri.

"Selain itu, untuk memperluas jangkauan pemasaran, akses pasar ke negara- negara non tradisional seperti Afrika Selatan, Persatuan Emirat Arab, Amerika Latin, Asia Timur dan Asia Tengah juga harus ditingkatkan," tambah Dirjen PEN.

Penyelenggaraan IFW 2013 yang akan berlangsung selama 4 hari ini menampilkan potensi kekayaan tekstil nusantara sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia yang majemuk.

Dukungan pemerintah terhadap IFW merupakan bukti keseriusan bagi pemerintah yang menjadikan ajang ini sebagai salah satu upaya untuk terus mempromosikan dan mengangkat produk fesyen terbaik Indonesia ke mancanegara.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), selama periode tahun 2007-2011 ekspor fesyen Indonesia meng alami tren positif sebesar 12,4 persen, dengan negara tujuan ekspor utama Amerika Serikat, Singapura, Jerman, Hongkong, dan Australia.

Selama periode Januari-November 2012, data ekspor fesyen mencapai 12,79 miliar dollar AS, meningkat 0,5 persen dibandingkan nilai ekspor periode sebelumnya.

Melihat potensinya yang begitu besar terhadap perekonomian Indonesia, sektor fesyen Indonesia dengan kekuatan lokalnya dapat terus dikembangkan sehingga menjadi pusat mode di kawasan regional, serta memainkan peranan penting di tingkat global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com