Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 ATPM Minat Ikut LCGC

Kompas.com - 15/02/2013, 20:50 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejauh ini ada enam agen tunggal pemegang merek yang sudah menyatakan siap ikut program mobil hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan terjangkau (low cost green car/LCGC). Enam ATPM itu yakni Daihatsu, Toyota, Suzuki, Nissan, Honda, dan Mitsubishi.

Demikian dikemuakan Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Juwono Andrianto, di Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Juwono mengatakan, kalangan industri berharap aturan menyangkut LCGC tersebut segera keluar. " Semakin cepat aturan mengenai LCGC tersebut keluar, maka akan semakin baik. Industri sudah menyiapkan kendaraan tersebut, namun pemasaran produk masih menunggu keluarnya aturan LCGC," kata Juwono.

Terkait penjualan mobil secara nasional, Juwono mengatakan bahwa penjualan mobil di Januari 2013 naik dibandingkan dengan Januari 2012. Berdasarkan data Gaikindo, penjualan mobil di pasar domestik pada Januari 2012 sebanyak 76.427 unit. Penjualan mobil pada Januari 2013 tercatat 96.704 unit.

Sebagai gambaran, tren penjualan mobil nasional cenderung naik setiap tahun. Total penjualan mobil tahun 2011, sebanyak 894.164 unit. Sementara itu total penjualan mobil 2012 sebanyak 1.116.230 unit.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com