Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Bangun Pasar Cakke di Enrekang Sulsel Rp 19 Miliar

Kompas.com - 19/02/2013, 17:44 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

ENREKANG, KOMPAS.com- Menteri Perdagangan Gita Wirjawan meresmikan Pasar Cakke di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Selasa (19/2/2013). Pembangunan pasar tersebut menggunakan anggaran tugas pembantuan tahun 2012 sebesar Rp 19 miliar.

Dalam kesempatan tersebut, Gita meminta para pedagang di Pasar Cakke untuk memprioritaskan penjualan komoditas unggulan lokal. "Jual produk-produk lokal sehingga masyarakat sekitar ikut menikmati manfaat pasar. Jaga kebersihan pasar agar bisa bertahan lama," ujarnya.

Jumlah pedagang di Pasar Cakke mencapai 412 orang dan pedagang kaki lima sebanyak 275 orang. Setelah direvitalisasi pasar tersebut memiliki 335 unit los, 241 unit kantor pengelola, 8 unit toilet, mushola, dan CCTV yang dipasang di empat titik.

Transaksi di pasar tersebut mencapai Rp 1,2 miliar tiap bulan, dengan komoditas utama berupa sayuran. Pasar Cakke juga menawarkan produk unggulan daerah yakni sarabba yaitu minuman jahe serta dangke yaitu makanan yang terbuat dari susu kerbau atau sapi, yang dikentalkan dan difermentasikan.

Produk unggulan lainnya adalah kopi kolosi, yakni salah satu jenis kopi arabika terbaik di dunia.     

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com