Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Bosowa Rayakan 40 Tahun Usianya

Kompas.com - 23/02/2013, 16:16 WIB
Abun Sanda

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup Bosowa, salah satu perusahaan besar yang di antaranya bergerak di bisnis industri semen, jalan tol, media, pertambangan dan pembangkit listrik, merayakan ulang tahunnya yang ke-40, mulai Jumat (22/2/2013) hingga Minggu (24/2/2013), dengan menggelar 12 acara besar. Acara itu di antaranya adalah pekan olahraga, turnamen golf, Bosowa 10 K, sujud syukur, dan aksi sosial.

Ketua panitia HUT Bosowa Subhan Aksa menyatakan, perayaan dipusatkan di Makassar, kota tempat Bosowa berdiri empat puluh tahun silam. Dan untuk meramaikan acara tersebut panitia mengajak sejumlah artis, di antaranya Krisdayanti & Bubu Giri, Project P, Coboy Jr dan Fikri Carlina.

"Namun hal terpenting dari HUT Bosowa ini adalah ucapan syukur kepada Allah SWT, sebab Bosowa mampu berkembang dan menjadi salah satu perusahaan besar nasional," ujar Subhan, salah seorang putera pendiri Bosowa Aksa Mahmud. Subhan juga dikenal sebagai pembalap kelas dunia.

Lahirnya Bosowa bermula dari didirikannya sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan umum bernama CV Moneter di Makassar, Sulawesi Selatan pada 22 Februari 1973 oleh HM Aksa Mahmud. Pada tahun 1978 perusahaan itu mendapatkan hak eksklusif sebagai dealer resmi mobil produksi Jepang Datsun untuk kawasan Indoensia Timur. Pada tahun yang sama nama perusahaan diganti menjadi PT Moneter Motor.

Bosowa makin dikenal ketika mendapat kepercayaan dari Mitsubishi Motors menjadi sales dan distributor mobil merek Mitsubishi untuk kawasan Indonesia Timur pada bulan Oktober 1980. PT Moneter Motor pun berganti nama menjadi PT Bosowa Berlian Motor yang menjadi tonggak penting kemajuan Bosowa.

Pada tahun 2006, Aksa Mahmud, pendiri perusahaan ini, mempercayakan jabatan chief executive officer (CEO)  kepada putra sulungnya, Erwin Aksa. Erwin yang menjadi tumpuan harapan generasi kedua Bosowa menjawab tantangan itu dengan membawa Bosowa ke wilayah strategis.

Dalam proses transformasi ini Bosowa kian kuat bermain di bisnis strategis, di antaranya pertambangan, jalan tol, media, jasa keuangan, pabrik semen dengan produksi mendekati 10 juta ton per tahun, pembangkit listrik, tenaga uap dengan kapasitas 250 megawatt. Dalam tiga tahun mendatang, kapasitas pembangkit listrik Bosowa akan mencapai 1.000 megawatt.

"Kami mensyukuri semua keberhasilan ini, semoga grup ini makin berkembang dan bermanfaat bagi bangsa dan negara," ujar Erwin Aksa, Sabtu (23/2/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com