Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sriboga Gandeng Mitsubishi

Kompas.com - 26/02/2013, 16:14 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sriboga Raturaya melakukan ekspansi bisnis dengan menggandeng Mitsubishi Corporation. Ekspansi tersebut diharapkan semakin mengukuhkan Sriboga sebagai salah satu produsen tepung terigu terbesar di Indonesia.

Presiden Direktur PT Sriboga Raturaya Alwin Arifin, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (26/2/2013) menjelaskan, kerja sama dengan Mitsubishi dilakukan dengan model penanaman investasi sebesar 30 juta dollar AS ke dalam PT Sriboga Flour Mill, anak perusahaan Sriboga yang bergerak di bidang tepung terigu.

"Mitsubishi memiliki pabrik terigu di Jepang, yang cukup besar. Kami yakin kerja sama tersebut akan memiliki efek strategis bagi Sriboga," katanya.

Menurut dia, lewat kerja sama tersebut pihaknya berharap bisa mensuplai kebutuhan pelanggan Mitsubishi di kawasan ASEAN. Kerja sama tersebut tidak hanya sebatas pada produksi tepung terigu saja, tetapi juga pasokan gandum sebagai bahan baku dan pengembangan usaha terkait dengan terigu.

Selama ini Indonesia masih mengandalkan gandum impor sebagai bahan baku karena tidak adanya pasokan di dalam negeri. Alwin mengatakan, sebenarnya dari sisi teknis gandum sangat mungkin dikembangkan di Indonesia. Namun dari sisi komersial, biaya produksi nya masih kalah jauh dibandingkan gandum impor.

"Untuk pengembangan gandum butuh hamparan tanah datar yang cukup luas. Yang ada di kita adalah tanah berbukit-bukit sehingga biaya produksinya lebih mahal," paparnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com