Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Syarat Ideal Jadi Menkeu Versi Hatta

Kompas.com - 06/03/2013, 14:44 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan ada tiga syarat ideal untuk menjadi Menteri Keuangan. Saat ini, posisi Menteri Keuangan siap ditinggalkan Agus Marto yang dicalonkan menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI).

"Kalau pandangan saya, yang terbaik saja yang bisa menjadi Menteri Keuangan tersebut. Saat ini putra terbaik bangsa banyak yang bisa menggantikan Pak Agus," kata Hatta selepas rapat koordinasi tentang Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS) dan Metropolitan Priority Area (MPA) di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Rabu (6/3/2013).

Pertama, Hatta menilai seorang calon menteri keuangan harus paham tentang fiskal prudential khususnya menjaga stabilitas makro. Bagaimanapun hal tersebut merupakan tugas menteri keuangan sehari-hari.

Kedua, seorang menteri keuangan harus mampu menjaga anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN). Hal ini dibuktikan dengan menjaga penerimaan negara dan berorientasi meningkatkan penerimaan negara tanpa menimbulkan persoalan dalam sisi perpajakan. Apalagi penerimaan negara khususnya dari sisi perpajakan pada 2012 kurang mencapai target. Pada 2013, pemerintah harus mampu menggenjot penerimaan untuk bisa membiayai proyek-proyek negara.

Ketiga, seorang menteri keuangan harus mampu menjadi bendahara negara. Fungsi ini harus mampu mengelola hutang dan mengurangi defisit neraca perdagangan dan bagaimana mencari pinjaman yang murah. Selama ini, dalam beberapa tahun terakhir neraca perdagangan Indonesia mengalami defisit khususnya dari kenaikan impor migas. Seorang menteri keuangan harus bisa mengendalikan transaksi neraca perdagangan agar bisa mengembalikan neraca perdagangan Indonesia kembali surplus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com