Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rentang IHSG di Level 4.855-4.900

Kompas.com - 11/03/2013, 06:27 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com --  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu ditutup menguat sekitar 62 poin sebelum ditutup menembus rekor tertingginya sepanjang masa. Ini mengandung konsekuensi tekanan ambil untung di awal pekan ini, Senin (11/3/2013).

Kenaikan pada pekan lalu ditopang oleh sentimen positif dari beberapa data ekonomi dari AS serta ekspektasi akan kelanjutan program stimulus di beberapa negara besar. Hal ini menumbuhkan optimism bahwa pemulihan ekonomi di AS, China, dan Jepang akan berlanjut.

Quantitative Easing (QE) 3 yang dimulai sejak September lalu dan fed rate yang rendah sepertinya berhasil mengangkat perekonomian AS. Sektor perumahan dan otomotif terus menunjukan pemulihan dan hal ini yg juga mendorong perbaikan pasar tenaga kerja. First-time jobles claims (Orang yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran untuk pertama kali) mengalami penurunan pertama kali semenjak Jan 2013.

Dari dalam negeri tampaknya aliran dana asing atau capital inflow juga menjadi pendorong utama indeks pekan lalu. Kestabilan serta prospek ekonomi Indonesia menjadi daya tarik bagi investor. Dari pembukaan awal tahun IHSG tercatat menguat 12,92 persen dan menjadi salah satu bursa dengan performance terbaik di tahun ini.

Riset Panin Sekuritas memerkirakan mengawali pekan ruang kenaikan relatif terbatas. Ancaman ambil untung mulai membayangi indeks. Beberapa saham unggulan yang menjadi pendorong indeks mulai mengalami koreksi. Diperkirakan hari ini IHSG akan bergerak pada kisaran support-resistance 4.855-4.900.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com