Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Industri India Tumbuh 2,4 Persen

Kompas.com - 12/03/2013, 17:45 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Produksi industri India tumbuh dengan 2,4 persen sepanjang Januari 2013. Pertumbuhan tersebut menjadi sinyalemen positif bagi ekonomi India yang saat ini menjadi kekuatan ekonomi ketiga terbesar di Asia. Pertumbuhan tersebut melampaui prediksi sejumlah analis.

Sejumlah analis memperkirakan pertumbuhan produksi industri di India tidak akan melebihi satu persen. Kami sadar saat ini ekonomi masih dalam pemulihan sehingga tidak akan pertumbuhan yang cukup signifikan, kata Siddhartha Sanyal, kepala ekonom Barclays Capital India, seperti dikutip AFP, Selasa (12/3/2013).

Meski mengalami pertumbuhan cukup baik, hal itu tertutupi oleh melonjaknya inflasi sehingga menimbulkan keraguan apakah bank sentral akan memangkas suku bunga atau tidak. Inflasi harga konsumen tahunan—salah satu dari indikator harga yang diawasi oleh bank—melonjak menjadi 10,91 persen pada Februari. Angka itu naik seperlima dari persentase poin dari bulan sebelumnya.

"Angka inflasi sangat mengkhawatirkan bagi para pembuat kebijakan bank yang masih prihatin tentang risiko inflasi," kata kepala ekonom Bank Shubhada Rao.

Pertanyaan besar para ekonom adalah apakah kenaikan produksi industri akan berkelanjutan, atau hanya akan terjadi di Januari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com