Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBB untuk Peringkat Utang BRI

Kompas.com - 15/03/2013, 17:34 WIB
Anastasia Joice

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitch Ratings memberikan peringkat senior tanpa jaminan BBB- kepada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan peringkat ekspektasi BBB kepada surat utang senior tanpa jaminan dalam mata uang dollar AS yang akan diterbitkan oleh BRI. Dana dari hasil penerbitan surat utang ini akan dipergunakan untuk memperkuat profil pendanaan berbasis mata uang asing.

Demikian keterangan dari Fitch di Jakarta, Jumat (15/3/2013). Surat utang diperingkat pada level yang sama dengan peringkat internasional jangka panjang Issuer Default Rating (IDR) karena surat utang ini mencerminkan kewajiban perusahaan yang bersifat langsung, kewajiban tanpa syarat, bukan merupakan utang subordinasi dan tanpa jaminan dari perusahaan.

Peringkat final dari surat utang yang akan dikeluarkan ini akan bergantung pada dokumen yang akan diterima dikemudian hari yang mengkonfirmasikan informasi yang telah diterima sebelumnya.

Peringkat IDR BRI merefleksikan pandangan Fitch atas tingginya probabilitas dukungan dari pemerintah terhadap BRI bila diperlukan. Hal ini didasarkan pada kepemilikan mayoritas negara dan tingginya resiko sistemik dalam negeri sebagai bank domestik terbesar kedua dengan fokus pembiayaan mikro nasional.

Kenaikan peringkat negara (BBB-/Stable) mungkin dapat mengakibatkan perubahan peringkat BRI. Penurunan profil keuangan bank secara standalone tidak akan mempengaruhi peringkat BRI. Namun, perubahan negatif atas pandangan Fitch terhadap kemauan dan kemampuan pemerintah Indonesia untuk mendukung BRI termasuk penurunan kepemilikan yang material atau penurunan peringkat negara dapat menyebabkan perubahan negatif pada peringkat bank.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com