Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zulkifli Hasan Mendapat Gelar Honoris Causa

Kompas.com - 20/03/2013, 12:41 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mendapat gelar doktor kehormatan honoris causa dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Rabu (20/3) di Kota Semarang, Jawa Tengah. Zulkifli dianggap memiliki ide-ide untuk menyelamatkan hutan Indonesia dari perusakan.

Dalam pidato ilmiahnya, Zulkifli menyebutkan, kebijakan moratorium kehutanan untuk tidak menerbitkan izin baru pada hutan alam primer dan gambut serta penanaman satu miliar pohon telah mengurangi laju deforestasi dari 3,5 juta hektar per tahun menjadi 450.000 hektar per tahun.

Seiring dengan kebijakan tersebut, masyarakat diberi akses secara legal untuk mengelola kawasan hutan yang terdegradasi dalam bentuk hutan tanaman rakyat, hutan kemasyarakatan dan hutan desa. Hal itu diharapkan mendorong tumbuhnya budaya kewirausahaan berbasis masyarakat.

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo mengungkapkan rencana pemberian gelar tersebut telah mencuat sejak 2012. Dia mengatakan, pihaknya memberi gelar honoris causa tersebut kepada Zulkifli berdasarkan pertimbangan akademis yang dapat dipertanggungjawabkan. Dia juga menegaskan, pemberian gelar itu tidak terkait kepentingan politik apa pun.

Seperti diketahui, Sudijono merupakan bakal calon wakil gubernur Jateng, mendampingi petahana Bibit Waluyo. Mereka diusung oleh Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, dan Partai Golkar. Sementara itu, Zulkifli Hasan adalah Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com