Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Berharap Masyarakat Mau Bayar Pajak

Kompas.com - 21/03/2013, 12:12 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Agus Martowardojo berharap agar masyarakat mau membayar pajak. Hal ini untuk meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak. Pajak memang menjadi sumber penerimaan negara paling utama. Nilainya mencapai 70 persen dari penerimaan negara.

"Dengan membayar pajak, ini sebagai wujud ketaatan warga negara dalam membangun negara," kata Agus saat memberi sambutan penyerahan SPT Presiden dan Kabinet Bersatu Jilid Kedua di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (20/3/2013).

Agus mengatakan, kini masyarakat sudah diberi kemudahan untuk membayar pajak dan menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Pihak Direktorat Jenderal Pajak telah menaruh tempat-tempat penyerahan SPT Tahunan di lokasi-lokasi strategis, pusat perbelanjaan, kantor pemerintah hingga lokasi-lokasi lainnya.

Jika wajib pajak sibuk, maka Ditjen Pajak juga telah menyediakan penyerahan SPT Tahunan melalui e-filling yaitu penyerahan SPT Tahunan melalui website Ditjen Pajak. "Ini akan memberikan kemudahan wajib pajak dalam membayar pajak," tambahnya.

Meski kondisi perekonomian dunia sedang belum kondusif, namun pemerintah akan tetap mengejar target pajak sesuai dengan yang direncanakan. Tahun ini, Ditjen Pajak menargetkan setoran penerimaan pajak sebesar Rp 1.193 triliun, naik 21,7 persen dibanding realisasi penerimaan pajak di 2011 sebesar Rp 980,1 triliun.

Sementara dari sisi rasio penerimaan pajak terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sudah mengalami kenaikan menjadi sebesar 15,6 persen, dibandingkan rasio pada 2009 yang masih 14,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com