Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utilisasi Kapasitas Produksi Industri Minyak Goreng Meningkat

Kompas.com - 22/03/2013, 13:31 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Semakin besar dan terbukanya pasar di dalam negeri pada satu sisi menjadi daya tarik. Namun, di sisi lain kondisi tersebut juga memunculkan ancaman masuknya produk sejenis dari luar.

"Sehingga perlu peningkatan daya saing secara serius mengenainya," kata Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Benny Wahyudi pada Lokakarya Pendalaman Kebijakan Industri di Bandung, Jumat (22/3).

Hal tersebut antara lain dapat dilakukan dengan mengatasi permasalahan infrastruktur, kompetensi, produktivitas tenaga kerja, iklim investasi, dan kondisi kelembagaan birokrasi.

Produk ilegal dan produk impor berkualitas rendah serta berharga murah yang mengganggu pemasaran dalam negeri merupakan salah satu isu strategis dalam mengembangkan industri makanan dan minuman.

Terkait pencapaian program hilirisasi industri makanan dan minuman di Indonesia, disebutkan bahwa hasilnya antara lain melalui pengembangan industri hilir kelapa sawit, pengembangan industri hilir kakao, dan revitalisasi industri gula.

Berdasarkan data Kemenperin, utilisasi kapasitas produksi industri minyak goreng dalam negeri meningkat dari 45 persen di tahun 2010 menjadi lebih dari 70 persen di tahun 2012.

Pada pengembangan industri hilir kakao, kapasitas produksi meningkat dari 560.000 ton per tahun dengan utilisasi 44,6 persen menjadi 660.000 per tahun dengan utilisasi 66 persen. Adapun revitalisasi industri gula antara lain menghasilkan peningkatan kapasitas giling, produksi, mutu gula, dan rendemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com