Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Kelayakan Gubernur BI, Anggota DPR Malah Saling Debat

Kompas.com - 25/03/2013, 13:23 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Agus Martowardojo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi XI. Namun fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) malah debat sendiri.

Saat itu, anggota FPKB Anna Muawanah menanyakan tiga pertanyaan kepada Agus Marto. Anna mendapat jatah nomor dua dari 24 penanya dari anggota Komisi XI DPR. Saat selesai mengajukan pertanyaan, Anna ngotot kepada pimpinan sidang yang saat itu dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI Andy Timo Pangerang dari Fraksi PDIP agar Agus menjawab dulu pertanyaan yang Anna ajukan.

Anna ngotot untuk meminta jawaban pertanyaannya dari Agus hanya dalam satu menit. Namun semua anggota fraksi menolaknya.

Dari kesepakatan semula, semua pertanyaan diberikan dahulu baru Agus memberikan jawabannya. "Saya ingin pak Agus menjawab semenit saja pertanyaan saya tadi. Saya mohon fraksi FPDIP jangan egois, mentang-mentang punya palu di sana (menjadi pimpinan sidang)," kata Anna di Komisi XI DPR Jakarta, Senin (25/3/2013).

Lantas anggota Komisi XI dari Fraksi PDIP Dolfie OFP menjawab pernyataan dari Anna. Menurutnya keinginan Anna melanggar kesepakatan semula bahwa semua pertanyaan akan diberikan dahulu baru diberikan jawabannya kemudian. Saat itu, Dolfie mendapat jatah memberikan pertanyaan kepada Agus pada urutan pertama dari 24 penanya yang dijadwalkan.

"Kalau pimpinan memberikan kesempatan kepada pak Agus untuk memberikan jawaban ke bu Anna, maka kami juga ingin diberikan kesempatan yang sama. Berikan keadilan juga yang sama kepada kami. Padahal tadi kan sudah disepakati bahwa semua pertanyaan diberikan dulu baru jawabannya kemudian, jangan menyerobot begitu," kata Dolfie.

Akhirnya, pimpinan sidang yang diganti oleh Ketua Komisi XI Emir Moeis tidak memberikan jawaban atas debat kusir antara kedua dewan tersebut. Rapat yang semula dibuka pada pukul 10.30 wib lantas selesai pukul 12.35 wib. Rapat diskors hingga pukul 14.00 wib.

Namun saat anggota dewan keluar ruangan dan hanya tersisa kurang dari 10 anggota dewan, Agus menjawab pertanyaan dari Anna sekitar satu menit. Anggota dewan yang lain langsung keluar ruangan meski Agus memberikan jawaban pertanyaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com