Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agus Marto Dicecar soal Hambalang hingga Century

Kompas.com - 25/03/2013, 14:19 WIB
Didik Purwanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Agus Martowardojo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) untuk menjadi gubernur Bank Indonesia (BI), Senin (25/3/2013). Dalam ujian tersebut, Agus dicecar 24 penanya dari anggota dewan Komisi XI DPR.

Pertanyaan yang diajukan pun beragam. Dari 24 penanya, baru sekitar 10 orang anggota dewan yang telah mengajukan pertanyaannya kepada Agus Marto.

Anggota Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Arif Budimanta mengajukan pertanyaan kepada Agus Marto, khususnya dalam hal Bank Century dan kasus Hambalang yang sempat mencatut namanya.

"Kami ingin tahu jawaban Pak Agus karena Anda dulu sempat menjadi panitia pengawas penyelamatan Bank Century. Bisa Anda ceritakan soal penyelamatan bank tersebut dan pandangannya tentang perekonomian Indonesia saat penyelamatan bank tersebut," kata Arif di Komisi XI DPR Jakarta, Senin (25/3/2013).

Di sisi lain, Arif juga menanyakan soal kebijakan Agus soal single presence policy (SPP) hingga kebijakan moneter, khususnya pengendalian inflasi.

Anggota Komisi XI dari Fraksi PDI-P Dolfie OFP juga menanyakan soal kejelasan Agus tentang divestasi Newmont. "Saat itu, Pak Agus ingin mengundurkan diri bila divestasi Newmont gagal, sekarang mana buktinya," tagih Dolfie.

Sementara Anna Muawanah dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyorot tentang sektor pertanian yang merasa belum mendapat akses dari perbankan. Di sisi lain, dia juga menyoroti soal bunga kredit (bagi hasil) di perbankan syariah yang lebih tinggi dibanding perbankan konvensional.

Sampai saat ini, Agus belum menyampaikan jawabannya. Fit and proper test kembali dilakukan pada pukul 14.00 WIB setelah diskor 1,5 jam lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com