Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darmin: Surat FPJP Boediono di Bank Century Asli

Kompas.com - 12/04/2013, 15:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa surat kuasa mengenai Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) Bank Century yang ditandatangani Gubernur BI terdahulu, Boediono adalah asli.

"Itu surat resmi," jelas Gubernur BI, Darmin Nasution, Jumat (12/4/2013).

Namun, Darmin merasa heran kenapa hal tersebut baru sekarang dibicarakan. Ia mengatakan, ada 2 hal yang ditegaskan BI mengenai surat FPJP Century tersebut.

Pertama, dari dulu BI merasa tidak pernah menutupi atau menahan keberadaan surat itu. Disebutnya, bahwa BI sudah menyerahkan surat tersebut ke auditor pemeriksa.

Kedua, itu merupakan itu merupakan surat internal BI yang tidak ada hubungannya dengan pemerintah. Jadi, surat tersebut adalah surat kuasa yang diberikan Gubernur BI saat itu kepada Direktur dan Deputi Direktur untuk menindaklanjuti putusan Dewan Gubernur BI.

Disebut Darmin, yang melakukan penandatanganan di surat FPJP Century tersebut merupakan Gubernur BI saat itu. "Saya belum disini ya. Setahu saya, surat kuasa itu setelah ada keputusan Dewan Gubernur mengenai FPJP. Kelanjutan dari keputusan Dewan Gubernur," ucapnya. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com