Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset Pasar Penting untuk Tunjang UKM

Kompas.com - 29/04/2013, 21:16 WIB
Cyprianus Anto Saptowalyono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Riset pasar merupakan hal yang penting dalam menunjang bisnis, termasuk bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Meski demikian, pelaku UKM kerap melewatkan atau tidak mampu melakukan langkah tersebut.

"Ini terjadi, karena UKM banyak menghadapi permasalahan sehingga ada hal penting yang kerap terlupakan," kata Ketua Bidang UKM, Perempuan Pengusaha, Perempuan Pekerja Jender, dan Urusan Sosial Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Nina Tursinah, Senin (29/4/2013) di jakarta.

Nina mengatakan, meski riset pasar tidak menjamin 100 persen kesuksesan berbisnis, namun langkah tersebut dapat memperkecil risiko usaha dan sekaligus memperbesar peluang keberhasilan usaha.

Managing Director Ipsos Indonesia, Iwan Murty, mengemukakan pula, pelaku UKM dapat melakukan riset pasar sederhana untuk menunjang keberhasilannya. "Langkah praktis dan sederhana dapat dilakukan UKM untuk mengetahui pasar," kata Iwan.

Dia mencontohkan, pelaku UKM yang membuka usaha restoran atau warung makan, misalnya, dapat menanyakan kepada pembeli ketika diketahuinya pembeli itu tidak menghabiskan makanan yang disajikan kepadanya. Dari jawaban pembeli tersebut kemungkinan akan terdeteksi masalah yang harus diatasi.

"Misalnya saja pembeli tadi tidak menghabiskan makanan karena lauk yang disajikan ternyata dingin. Ini sekaligus dapat dijadikan sarana mengontrol kualitas produk," kata Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com