Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciputra Bukukan Pendapatan Rp 1,34 Triliun

Kompas.com - 30/04/2013, 17:10 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam tiga bulan pertama tahun 2013, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) berhasil membukukan pendapatan Rp 1,34 triliun, atau naik hingga 143 persen, dibandingkan dengan kuartal I-2012 sebesar Rp 552 miliar. Hal ini terutama disebabkan kenaikan pendapatan residensial sebesar 97 persen, yaitu Rp 482 miliar dari tahun sebelumnya sebesar Rp 244 miliar.

"Secara total, pendapatan kuartal I sebesar Rp 1,34 triliun telah mencapai 22 persen dari target pendapatan tahunan sebesar Rp 6,03 triliun," demikian surat elektronik yang diterima Kompas, Selasa (30/4/2013) sore.

Pendapatan residensial dan komersial masing-masing sebesar Rp 1,18 triliun dan Rp 164 miliar telah mencapai 22 persen dan 20 persen dari target tahunan, masing-masing sebesar Rp 5,23 triliun dan Rp 799 miliar. Seiring dengan kenaikan pendapatan, laba bersih perusahaan naik 159 persen dari Rp 83 miliar menjadi Rp 216 miliar. Laba bersih pada kuartal I tercatat sebesar Rp 216 miliar telah mencapai 21 persen dari target tahun 2013 sebesar Rp 1 triliun.

Tahun 2013 kembali menjadi tahun optimis bagi CTRA dengan target marketing sales meningkat menjadi Rp 10,1 triliun dan marketing sales tiga bulan pertama tahun ini sebesar Rp 2,8 triliun yang meningkat 86 persen dari tahun sebelumnya Rp 1,5 triliun.

Ciputra Development meluncurkan total 13 proyek baru untuk mencapai target tahun 2013 dengan proyek yang akan diluncurkan antara lain Citra Grand Galesong City Gowa, Citra Garden Bumi Mutiara Wanayasa Cilegon, Citra Lake Sawangan Depok, Citra Garden Pontianak, Citra Mitra City Banjar Baru, Citra City Balikpapan, Citra Land Cirebon, Citra Land Megah Batam, Citra Land Mutiara Surabaya, The Suites Ciputra World Jakarta, serta dua proyek yang telah diluncurkan pada awal tahun, yaitu Bukit Semarang Baru (BSB) City Semarang dan Citra Land Bagya City (CLBC) Medan.

Citra Land Bukit Semarang Baru (BSB) City Semarang merupakan pengembangan skala kota seluas 100 hektar dengan potensi untuk pengembangan lebih lanjut menjadi hampir 1.000 hektar. Citra Land BSB City mengusung konsep hijau dengan dua buah danau yang nantinya akan berfungsi sebagai tempat rekreasi dan juga oase dari kehidupan kota yang sibuk. Selain itu, perumahan ini terletak diantara kawasan berbukit di mana bukit-bukit serta hutan yang ada akan dipertahankan sehingga kawasan tetap terlihat asri dan pasokan udara bersih akan tetap terjaga.

Citraland Bagya City (CLBC) Medan akan menjadi kota baru bertaraf internasional dengan berbagai fasilitas perkotaan yang integratif. Kawasan ini juga akan berbasis ekonomi kreatif yang entrepreneurial, serta membentuk komunitas masyarakat yang berbudaya dengan standar kehidupan kelas dunia dengan total luasan terbesar di kota Medan yaitu 211 ha.

CLBC menjadi kawasan terintegrasi yang terdiri dari kawasan hunian, kawasan perdagangan dan perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar modern, hotel, apartemen, sekolah, universitas, rumah sakit, water park, serta kawasan hijau dan danau-danau.

Pada tahun ini perusahaan juga merencanakan akan membuka proyek prestisiusnya Ciputra World Jakarta 1 dengan lokasi prima di Jl. Prof. Dr. Satrio Kav 3-5, Kuningan yang terdiri dari Gedung Perkantoran 40 lantai, pusat perbelanjaan 6 lantai dengan nama Lotte Shopping Avenue (LOVE) serta disusul dengan pembukaan Hotel, Apartemen dan Pusat Kesenian Ciputra Artpreneur Center seluas 10.00 m2 yang terdiri dari Museum Seni, Galeri Eksibisi, Teater Standar Internasional, Ruang Serba Guna, serta fasilitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com