Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengangguran Usia Muda Global Capai 73 Juta Orang

Kompas.com - 08/05/2013, 18:01 WIB

JENEWA, KOMPAS.com - International Labour Organization (ILO/Organisasi Buruh Internasional) mencatat jumlah pengangguran yang berusia muda di seluruh dunia mencapai 73 juta orang.

 

“Melemahnya perekonomian global menyebabkan terbatasnya lapangan kerja, dan memperburuk kondisi lapangan kerja bagi pekerja muda. Sehingga, antrean pekerja untuk mendapatkan pekerjaan semakin panjang," ungkap lembaga tersebut, Rabu (8/5/2013).

Dalam laporan setebal 160 halaman diketahui bahwa usia pengangguran muda antara 15 tahun hingga 24 tahun. Adapun kenaikan pengangguran usia tersebut sebesar 3,5 juta sejak 2007.

Saat ini rasio pengangguran untuk usia tersebut berada di level 12,6 persen, dan diperkirakan naik tipis menjadi 12,8 pada 2018 jika 2 juta tenaga kerja muda kehilangan pekerjaan.

ILO mengungkapkan para pekerja berusia muda saat ini menghadapi kondisi perekonomian global yang tidak menentu, dan jumlah tersebut mencapai tiga kali lipat dari pengangguran yang berusia lebih tua. Adapun jumlah terbesar pengangguran usia muda tercatat terjadi di Uni Eropa, Timur Tengah serta Afrika Utara.

Namun demikian, situasi di Eropa diperkirakan mengalami perbaikan, kendati rasio pekerja muda tidak turun di bawah 16 persen hingga 2018.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com