Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Patok Harga Jual Gas ke China 11 Dollar AS Per Juta BTU

Kompas.com - 13/05/2013, 20:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah menargetkan harga ekspor gas alam cair dari Kilang Tangguh, Papua, ke Fujian, China, bisa mencapai 11 dollar AS per juta british thermal unit (BTU).

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Rudi Rubiandini mengatakan bahwa pihaknya akan mulai merenegosiasikan harga ekspor LNG ke Fujian pada tanggal 30 Mei 2013.

"Tim negosiasi akan berangkat ke Beijing, China, pada 30 Mei ini," katanya, Senin (13/5/2013).

Tim dipimpin Deputi Pengendalian Komersial SKK Migas Widhyawan Prawiraatmadja dengan anggota adalah perwakilan SKK Migas, Ditjen Migas Kementerian ESDM, dan BP Berau Limited.

Menurut Rudi, harga ekspor LNG Fujian yang baru akan dilakukan dengan menghapus batas atas (ceiling price) dan merevisi formulanya. Harga lama Fujian sejauh ini hanya 3,345 dollar AS per juta BTU meski harga minyak terus meningkat.

"Kalau mengikuti harga pasar, sepertinya akan sulit. Oleh karena itu, kami targetkan harga baru Fujian bergerak antara 7-11 dollar AS per MMBTU," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com