Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIFI Belum dibutuhkan Konsumen Penerbangan di Indonesia

Kompas.com - 16/05/2013, 13:27 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Skyscanner menyurvei 1.000 penumpang pesawat dari Indonesia mengenai layanan tambahan apa yang mereka rela bayar dalam sebuah penerbangan. Hasilnya film layar lebar menjadi layanan yang paling diminati dan hanya separuh dari responden yang bersedia membayar untuk layanan WIFI di pesawat .

Sebanyak 71 persen responden lebih menyukai yang tradisional dan bahkan bersedia membayar ekstra untuk membaca koran dan majalah terkini daripada berselancar dengan internet di pesawat.

"Kami terkejut begitu mengetahui WIFI bukan pilihan hiburan utama dalam pesawat bagi penumpang Indonesia mengingat negara ini merupakan salah satu pengguna jejaring sosial terbesar di dunia untuk Facebook dan Twitter. Berdasarkan survei ini, dapat disimpulkan bahwa kenyamanan dan pengalaman dalam pesawat adalah kebutuhan utama bagi penumpang Indonesia," kata Manajer Pengembangan Pasar Skyscanner Indonesia, Tika Larasati, Kamis (16/5/2013) dalam surat elektroniknya.

Beberapa maskapai penerbangan seperti Emirates kini menawarkan siaran televisi secara langsung selama penerbangan, para penumpang pesawat ditanya kerelaannya membayar lebih untuk menikmati layanan itu. Lebih dari separuh responden (64 persen ) bersedia membayar lebih untuk mendapatkan akses siaran TV. Walau demikian, games ternyata lebih populer, 66 persen dari penumpang bersedia membayar lebih untuk dapat bermain konsol game di pesawat, mayoritas dari mereka adalah penumpang pria.

Ketika berbicara kenyamanan dalam pesawat, kursi dengan tempat kaki yang lebih luas menjadi pilihan favorit dimana 69 persen penumpang bersedia membayar lebih supaya dapat meregangkan kaki mereka, khususnya untuk penerbangan jarak jauh.

Mengurai lebih dalam hasil survei ini, temuan lainnya menunjukkan bahwa penumpang berusia antara 25 dan 34 tahun lebih rela mengeluarkan uang mereka untuk layanan siaran TV dan WIFI, sementara penumpang berusia antara 45 dan 54 tahun bersedia membayar lebih untuk mendapatkan tempat duduk berdampingan, dengan dua kursi saja di satu baris.  

 

Lebih Royal

Pria Indonesia ternyata lebih royal dalam mengeluarkan uang saat berada di ketinggian 30,000 kaki di udara. Sebanyak 74 persen dari kaum pria rela melepas uang tunai di pesawat demi layanan ekstra yang ditawarkan dalam penerbangan, jumlah yang beda tipis dengan penumpang perempuan (72 persen).

Sementara itu, tontonan film dalam pesawat menduduki tempat teratas dalam daftar hiburan selama penerbangan yang paling digemari penumpang Indonesia, di mana 83 persen dari mereka rela membayar biaya tambahan untuk menonton film favorit mereka selama penerbangan.

Di samping hiburan dan kenyamanan, makanan dan minuman tetap menjadi layanan utama di dalam penerbangan dengan lebih dari 95 persen penumpang bersedia membayar lebih untuk mendapatkannya.    

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com