Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Tingkatkan Jumlah Dana Bantuan untuk Indonesia

Kompas.com - 16/05/2013, 15:50 WIB
Bambang Priyo Jatmiko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Australia meningkatkan bantuan yang diberikan kepada Indonesia sebesar 105,2 juta dollar Australia atau sekitar Rp 1,02 triliun untuk membiayai asistensi pelaksanaan pembangunan di Indonesia.

Berdasarkan pernyataan resmi Kedutaan Besar Australia, Kamis (16/5/2013); jumlah dana bantuan yang telah disiapkan pemerintah Negeri Kanguru itu pada tahun anggaran 2013-2014 sebesar 646 juta dollar Australia atau sekitar Rp 6,24 triliun.

"Australia tetap berkomitmen untuk membantu Indonesia mengatasi masalah kemiskinan, yang dalam hal ini terlihat dari naiknya jumlah bantuan yang diberikan kepada Indonesia," ujar Dubes Australia untuk Indonesia, Greg Moriarty.

Dia mengungkapkan bahwa Indonesia adalah tetangga dekat Australia, dan masih menghadapi persoalan pembangunan yang kompleks. Dana tersebut akan dikelola oleh Australian Agency for International Development (AusAID), dan dana akan lebih difokuskan pada pengembangan pendidikan, infrastruktur, dan perlindungan sosial.

Australia juga akan membantu Pemerintah Indonesia untuk menjalankan program pemberdayaan masyarakat, PNPM, yang menyalurkan hibah kepada masyarakat untuk pembangunan infrastruktur skala kecil serta kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan.

"Bantuan kami untuk Indonesia juga meliputi bantuan kepada pemerintah daerah, mitra, serta organisasi masyarakat sipil untuk memastikan, sebagai contoh, sekolah-sekolah mendapatkan buku-buku yang dibutuhkan, obat-obatan tersedia untuk puskesmas, dan anak-anak mendapatkan akta kelahiran," papar Greg Moriarty.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com