Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Solusi Microsoft Business Intelligence

Kompas.com - 20/05/2013, 07:50 WIB

Perkembangan teknologi informasi dalam sepuluh tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dari perannya yang sangat besar dalam berbagai aktifitas yang dilakukan di sebuah organisasi atau perusahaan. Business Intelligence atau lebih dikenal dengan BI merupakan salah satu bagian dari teknologi informasi yang mampu menjawab kebutuhan organisasi dalam menganalisis masalah-masalah yang ada, termasuk dalam pengambilan keputusan.

BI sudah cukup banyak dikenal dan digunakan oleh organisasi-organisasi di berbagai industri. Business Intelligence Solution sendiri merupakan istilah dari jenis aplikasi ataupun teknologi yang digunakan untuk  mengumpulkan data, menyediakan akses, menganalisa data dan informasi mengenai kinerja sebuah perusahaan. BI dapat digunakan pada level operasional sampai level pengambil keputusan. Microsoft sendiri sudah menyediakan layanan software Business Intelligence Solution untuk menjawab kebutuhan tersebut dan terus melakukan pembaharuan sejalan dengan kebutuhan pasar.  Berdasarkan adanya kebutuhan-kebutuhan di industry yang dinamik, Microsoft selalu meluncurkan perangkat lunak  yang dinamis dengan versi terbaru yaitu Microsoft Business Intelligence yang dapat diakses secara tradisional (on-premise) dan Cloud.

Khusus untuk aplikasi cloud, Microsoft BI tersedia dalam bentuk aplikasi host (hosted application) yang dikelola oleh partner lokal Microsoft Indonesia dan aplikasi Cloud (Cloud application) yang dikelola langsung oleh Microsoft Corporation. Perusahaan dapat memilih layanan mana yang cocok untuk kondisi perusahaannya. Dengan menggunakan aplikasi cloud tersebut, maka perusahaan dapat memperoleh beberapa manfaat seperti tidak perlu menyediakan infrastruktur, tidak perlu biaya lisensi perangkat lunak, dan mengurangi biaya operasional untuk pemeliharaan sistem. Dan tentunya semua diakses melalui perangkat mobilitas Windows 8 yaitu tablet, pc/ notebook dan Windows Phone.

Sistem pada Microsoft Business Inteligence memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi secara historis, saat ini dan prediksi ke depan dengan cara mengolah data yang diperoleh dari gudang data (data warehouse) dan data operasional. Perangkat lunak dari Microsoft BI membantu proses ekstrak & analisa data sampai pada pelaporan informasi. Microsoft BI juga dapat membantu pelaku keuangan dalam melakukan analisa dan tren penjualan, kebutuhan stok yang mendukung produksi, serta pelaporan keuangan. Hal ini tentunya berperan besar dalam pengambilan keputusan, serta membantu manajemen kinerja bisnis saat ini dan masa yang akan datang.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari solusi Business Intelligence, Microsoft BI sudah dapat diakses secara mobile melalui Windows 8 Tablet dan Windows Smartphone. Fitur-fitur dari perangkat keras ini sudah bisa berintegrasi langsung dengan perangkat lunaknya sehingga menciptakan sebuah solusi yang terintegrasi untuk mendukung kegiatan bisnis, baik dari sisi software maupun hardware devices. Untuk informasi lebih lanjut mengenai BI, silakan hubungi tim BI di Microsoft Indonesia. (Adv) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com