Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin: Kepala Daerah Harus Peka Potensi Ekonomi

Kompas.com - 22/05/2013, 18:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta para kepala daerah lebih peka terhadap potensi perekonomian di daerahnya. Selama ini, banyak kepala daerah yang tidak mengetahui potensi daerahnya, sehingga pembangunan ekonomi tidak memiliki arah.

Ketua Komisi Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Intan Fitriana Fauzi menjelaskan salah satuyang bisa dilakukanpara kepala daerah adalah mendorong pengembangan sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

"Aktivitas UKM itu basisnya ada di daerah, pusat hanya memberikan kebijakan dan regulasi yang mendukung. Sedangkan yang mendorong dan yang turun langsung adalah pemerintah daerah,” ujar dia dalam siaran pers Rabu (22/5/2013).

Dia menjelaskan, pemerintah daerah dapat mengembangkan UKM melalui sejumlah cara, di antaranya, membuat peraturan daerah untuk memberdayakan UKM sebagai usaha yang tangguh dan mandiri, membuat kebijakan pendanaan dalam rangka membantu UKM untuk tumbuh lebih pesat, serta memberikan akses kepada pelaku UKM untuk memasarkan produk usahanya.

“Kendala UKM selain permodalan, juga kualitas produksi. Karena itu pelaku UKM perlu lebih dibina melalui pelatihan aktif agar lebih berkembang,” kata dia.

Dijelaskannya, pengembangan UKM akan kompetitif jika ditopang infrastruktur yang menunjang. Jika tidak, pelaku UKM yang umumnya berada di lokasi yang jauh dari pusat kota akan menghadapi kesulitan pemasaran hasil produksi.

“Potensi daerah untuk mengembangkan perekonomian sangat penting untuk itu perlu peran signifikan kepala daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com