Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Pensiunkan Boeing B737

Kompas.com - 27/05/2013, 14:29 WIB

TANGERANG, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) Citilink akan mempensiunkan pesawat Boeing dan menggantinya dengan Airbus.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan, saat ini armadanya mempunyai 29 pesawat, terdiri dari 22 pesawat Airbus A320,  dan tujuh pesawat Boeing B737.

"Boeing ada tujuh armada, tapi mulai bulan depan tidak dioperasikan. Boeing B737 akan di-close down, face out, kemudian kami ubah ke pesawat Airbus A320," ujar Arif kepada wartawan Minggu (26/5/2013), di Cengkareng, Tangerang.

Arif mengatakan, kedatangan pesawat A320 ke Indonesia secara bertahap, hingga akhir tahun ini akan bertambah menjadi 24 unit A320.

Untuk pendanaan, sebut Arip, Citilink menggunakan leasing pesawat dan masih di-supply oleh perusahaan induk, PT Garuda Indonesia. Leasing ini ditempuh karena sebagai bagian strategi dari pesawat.

Ia mengatakan, dengan menggunakan A320, kontribusi pendapatan dari penumpang mencapai 80 persen, bahkan pada bulan lalu 87 persen. Selain itu penggunaan Airbus ini juga agar persero single aircraft time.

Adapun realisasi jumlah penumpang Citilink kuartal pertama 2013 melonjak 150 persen year-on-year menjadi 1,5 juta penumpang. Pada kuartal pertama 2012 Citilink hanya mengangkut 601.000 penumpang.

"Ini merupakan bagian dari pengembangan Citilink ke depan. Supaya cost perhitungan semakin bagus, semakin kompetitif, OTP bagus, harga bagus, dan confidence," tambah Arif. (Agustina Rasyid)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com