Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Besar Negara Berdaya Saing Tinggi

Kompas.com - 30/05/2013, 11:45 WIB

GENEVA, KOMPAS.com Amerika Serikat kembali meraih posisi teratas dalam daftar daya saing ekonomi global berkat sektor keuangannya yang berbalik naik, inovasi teknologi yang berlimpah, dan keberhasilan perusahaan-perusahaannya.

Dalam peringkat tahunan World Competitiveness Rankings 2013, yang diumumkan pada Kamis (30/5/2013) oleh lembaga untuk Pengembangan Manajemen (Institute for Management Development/ IMD) yang berbasis di Swiss, Amerika Serikat naik ke posisi 1 dari tempat nomor 2 pada 2012.

Sementara itu, Hongkong, yang menempati urutan pertama pada tahun lalu, turun ke tempat ketiga dalam peringkat daya saing 2013, sedangkan Swiss naik ke posisi kedua dari urutan ketiga.

"Kami mendasarkan penelitian kami pada 333 kriteria, dua pertiga dari mereka adalah statistik dan sisanya jajak pendapat pihak ketiga," kata Stephane Garelli, Kepala Pusat Daya Saing Dunia IMD kepada AFP.

"Pada akhirnya, aturan emas daya saing adalah sederhana: produksi, diversifikasi, ekspor, investasi di bidang infrastruktur, pendidikan, dukungan UKM, penegakan disiplin fiskal, dan di atas semuanya menjaga kohesi sosial," ujarnya.

Berurutan dari tempat teratas Amerika Serikat hingga Venezuela di tempat terbawah, peringkat 60 negara itu juga membantu menandai kenaikan tren ekonomi yang lebih luas.

"Sementara zona euro tetap tersendat, kenaikan kembali AS ke puncak peringkat daya saing dan berita yang lebih baik dari Jepang telah menghidupkan kembali perdebatan tentang penghematan," kata Garelli.

"Reformasi struktural tidak dapat dihindari, tetapi pertumbuhan tetap menjadi prasyarat untuk daya saing. Selain itu, langkah-langkah penghematan keras terlalu sering mengantagoniskan populasi. Pada akhirnya, negara-negara perlu untuk melestarikan kohesi sosial guna memberikan kemakmuran," tambahnya.

Adapun Jepang naik dari urutan ke-27 menjadi ke-24. IMD menggarisbawahi dampak "Abenomics" Jepang—upaya Perdana Menteri Shinzo Abe untuk meningkatkan jumlah uang beredar dan menawarkan stimulus fiskal—tampaknya memiliki dampak pada dinamika ekonomi terbesar ketiga dunia tersebut.

Berikut 10 besar negara dengan daya saing tertinggi.
1. Amerika Serikat
2. Swiss
3. Hongkong
4. Swedia
5. Singapura
6. Norwegia
7. Kanada
8. Uni Emirat Arab
9. Jerman
10. Qatar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com