Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Logistik di Cengkareng Juga Ancam Mogok

Kompas.com - 03/06/2013, 16:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaku usaha logistik di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, dan bandara lain di Indonesia juga mengancam akan mogok jika PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II membuka usaha yang berpotensi mematikan bisnis sejenis yang telah dijalankan pelaku usaha non-BUMN.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Soekarno-Hatta Arman Yahya mengatakan, pihaknya telah mengajukan keberatan dengan langkah AP I dan AP II yang membuka usaha sejenis dengan yang telah dilakukan perusahaan swasta lain. Menurut dia, hal itu akan mematikan pelaku usaha yang skala bisnisnya jauh lebih kecil daripada AP.

"Kami sudah menyewa lahan di AP. Jika AP menjalankan usaha yang sama dengan yang kami jalankan, tentu saja hal itu akan memunculkan persaingan yang tidak sehat. AP tentu akan lebih memprioritaskan anak usahanya daripada kami yang swasta," ujarnya kepada Kompas.com, Senin (3/6/2013).

Dia menyebutkan, bisnis AP yang dinilai mengancam pelaku usaha lain yang sejenis antara lain pergudangan, pengangkutan, dan pengiriman barang. Meski AP hadir di berbagai bisnis itu, perusahaan yang tergabung dalam ALFI tidak mencatatkan penurunan bisnis.

"Memang tidak mengalami penurunan karena bisnis terus berkembang saat ini. Namun, ada potential loss sehingga pendapatan kami tidak maksimal," ujarnya.

Hal itu diungkapkan Arman menanggapi aksi mogok yang dilakukan pelaku usaha logistik di Tanjung Priok pada hari ini. Mereka menuntut agar Pelindo II tidak membuka usaha yang berpotensi menyaingi pelaku usaha dengan skala yang lebih kecil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com