Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jamsostek Akan Perbesar Investasi di Saham

Kompas.com - 19/06/2013, 15:40 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jamsostek akan memperbesar portofolio investasi saham, menyusul melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Direktur Utama Jamsostek Elvyn Masasya menjelaskan perseroan akan memanfaatkan pelemahan bursa untuk memperbesar kepemilikan saham. Menurutnya, pelemahan IHSG hanya sesaat.

Indeks sejauh ini telah turun sebesar 12 persen sejak 20 Mei. Diperkirakan, indeks akan kembali ke level 5.000 pada akhir tahun ini.

Sejauh ini, Jamsostek mengelola dana para pekerja swasta nasional sebesar Rp 144,2 triliun, dan perseroan terus menambah portofolio investasi saham dalam jangka waktu toiga pekan terakhir ini. Dengan penambahan kepemilikan saham , porsi ekuitas terhadap seluruh investasi perseroan mencapai 19 persen dari 18 persen dari akhir Mei.

“Turbulensi dipasar saham masih terjadi, karena saham-saham di bursa sudah terlampau mahal. Namun kami melihat indeks akan kembali stabil," ujarnya seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (19/6/2013).

Hasil investasi Jamsostek di saham sejauh ini mencatatkan imbal hasil 33,5 persen pada lima bulan pertama tahun ini, atau melampaui IHSG yang naik 17 persen.

“Tekanan jual dari investor asing telah menurun, saat investor domestik mulai masuk ke pasar. Untuk itu, memburuknya bursa sudah mulai surut," ujar Agus Yanuar, Chief Investment Officer PT Samuel Asset Management. Untuk itu, dia memperkirakan IHSG akan menembus 5.200 pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com