Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sediakan Pembiayaan Umrah, Muamalat Gandeng Garuda Indonesia

Kompas.com - 01/07/2013, 14:21 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com — PT Bank Muamalat menyediakan pembiayaan untuk umrah bagi penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) yang menggunakan jasa PT Garuda Indonesia Tbk.

Dalam kerja sama tersebut, PPIU dapat mengajukan permohonan pemesanan kursi penerbangan Garuda kepada Muamalat. Apabila dokumen persyaratannya lengkap, maka proses pencairan pembiayaan hanya memerlukan waktu 7 hari kerja.

Direktur Retail Banking Muamalat Adrian Gunadi mengatakan, perseroan memiliki target Rp 20 miliar hingga Rp 30 miliar sampai akhir tahun dari kerja sama ini. Akad yang digunakan untuk pembiayaan umrah ini yaitu murabahah. Tenor pembiayaan yang diberikan bagi PPIU selama satu tahun.

Saat ini, terdapat 7 PPIU atau agen perjalanan yang telah digandeng untuk tahap awal, dan dia mengklaim sudah ada 25 PPIU yang mengantre. Lalu sampai akhir tahun, Muamalat berharap dapat melakukan pembiayaan terhadap 50 PPIU.

Untuk mendapatkan pembiayaan ini, PPIU wajib terdaftar sebagai anggota asosiasi penyelenggara umrah dan haji seperti Himpuh, Amphuri, serta Asphurindo.

Selain menyalurkan pembiayaan, Muamalat juga akan menerbitkan bank garansi bagi perpanjangan izin operasional agen perjalanan kepada PPIU. Muamalat menargetkan fee based income dari bank garansi ini sebesar Rp 20 miliar.

Sebelumya, Muamalat pun telah melakukan kerja sama dengan Garuda untuk pembelian tiket. Adrian mengatakan, ada 10.000-15.000 nasabah yang melakukan pembelian tiket Garuda Indonesia dengan rata-rata transaksi Rp 3 juta-Rp 5 juta. (Annisa Aninditya Wibawa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com